Cari

Jumat, 27 April 2018

UJIAN TENGAH SEMESTER

ULANGAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER II 2018
TEKNOLOGI INFORMASI

Nama               : Taufiq Rusydi
NIM                : 17861014
No Absen        : 7
1.      Peranan dan Manfaat Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kinerja Profesi di SD Dampak Negatif dari Perkembangan Teknologi Informasi.



Kemajuan TI sangat membantu bagi peningkatan profesionalisme guru. Terdapat enam peranan TI dalam meningkatkan kinerja profesionalimse guru yaitu: (1) TI sebagai skill dan kompetensi, artinya bahwa denganadanya TI kompetensi dan keahlian guru dapat meningkat (2) TI sebagai infrastruktur pembelajaran, artinya bahwa TI sebagai saran pembelajaran (3) TI sebagai sumber bahan belajar, (4) TI sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran, (5) TI sebagai pendukung manajemen pembelajaran, (6) TI sebagai sistem pendukung keputusan.
Pemanfaatn TI dalam pembelajaran dipandang sebagai : (1) media (alat bantu) artinya hanya sebagai pelengkap untuk memperjelas uraian-uraian yang disampaikan guru, (2) sumber, pada jenis pemanfaatan kateogori ini, TI digunakan sebagai informasi, dalam penggunannya siswa mencari informasi melalui TI berdasarkan bimbingan guru, (3) sistem pembelajaran, artinya TI dirancang  sedemikian rupa sebagai suatu sistem pembelajaran terintegrasi. Dari ketiga pemanfaatan  itu dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Semakin meluasnya kemungkinan penggunaan teknologi informasi (TI) dalam pembelajaran menuntut pengelola pendidikan untuk mampu mengintegrasikan TI ke dalam lingkungan belajar mulai dari fase desain, pengembangan, penerapan dan pemeliharaan. Setidaknya ada tiga pihak yang dituntut kemampuannya agar terlaksanaanya pembelajaran yang menerapkan TI yaitu lembaga, pengelola, dan guru.
Teknologi Informasi disamping mempunyai dampak positif, juga menimbulkan dampak negatif. Berikut ini dampak negatif dari TI :
1.      Kemajuan TI juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.      Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.      Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
4.      Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
5.      Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
6.      Tidak menjadikan TI sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
7.      Mempertimbangkan pemakaian TI dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung ruginya pemakaian.
8.      Mahasiswa dan kadang-kadang guru, bisa kecanduan aspek teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya karena topik dapat diajarkan melalui TIK, tidak berarti bahwa itu diajarkan secara efektif via TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif melalui TIK, dan ada uang yang tersedia, itu tidak selalu berarti bahwa selalu ada keuntungan untuk itu . Ada banyak studi atau kajian yang dilakukan untuk mencari dan melihat apakah penggunaan TI dapat meningkatkan pembelajaran .
9.      Perlu untuk tujuan yang jelas. TIK dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) ketika tujuan untuk mereka gunakan tidak jelas. Seperti menggunakan internet untuk mencari video porno ketika menggunakan computer di sekolah.

2.      Komuputer terdiri dari Software, Hadware, dan Brainware.
Software (Perangkat Lunak) yaitu kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari software yakni :
a.       Sistem Operasi : Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : Windows, Linux dan Mac OS.
b.      Software Aplikasi : Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya seperti : Microsoft Office, Libre Office dan sebagainya.
Hardware (Perangkat Keras), adalah uatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yakni :
a.       Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
b.      Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
c.       Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya
Brainware (Pengguna) : Manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa dijalankan. Maka, peran brainware di sini sangatlah penting sehingga komputer bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya.

Jenis-jenis alat input dan alat output komputer dan fungsinya serta contohnya
a.       Jenis-jenis input komputer dan fungsinya
1.      Keyboard
      

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
2.      Mouse
     

Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse
3.      Joystick
      
Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft
4.      Trackbal
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
5.      Light pen
Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)
6.      Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.
7.      Barcode Reader
Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
8.      Digitizer
Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital
9.      CD ROM / DVD ROM
CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD
10.  Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan
11.  Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
12.  CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik
13.  Touchpad
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse
14.  Webcam
WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.
15.  Microphone
Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call
b.      Jenis-jenis output komputer dan fungsinya
1.      Monitor
       

Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kitaketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut jugadengan Visual Display Unit (VDU) Media output untuk menampilkan/memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui olehmanusia
2.      LCD Proyektor
LCD proyektor berfungsi untuk menampilkan gambar hasil dari pemprosesan data.Hanya saja LCD membutuhkan perangkat lain yang dapat menerima data & programtersebut . mediumnya lebih baik berwarna putih dan berbidang datar
3.      Printer
      

Printer adalah alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer kemedia kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi
4.      Audio Response
Unit (ARU) merupakan peralatan output berfungsi dapat merubah data/informasi menjadi suara/bunyi. Disebut juga speechsyntesis atau voice output device atau voice synthesis
5.      Speaker
Speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara
6.      Plotter
Plotter merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannyaadalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambarmesin dan konstruksi bangunan
7.      Hard-copy device
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
8.      Soft-copy device
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik
9.      Drive device atau driver
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input

3.      Peranan dan Manfaat multimedia dalam meningkatkan kinerja profesi
Nasution, dkk (2008: 7.8)  Multimedia dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa.
Manfaat media pembelajaran bagi siswa adalah:
a.       Dapat meningkatkan motivasi belajar;
b.      Dapat menyediakan variasi belajar;
c.       Dapat memberi gambaran struktur yang memudahkan belajar;
d.      Dapat memberikan contoh yang selektif;
e.       Dapat merangsang berfikir analisis; dan
f.       Dapat memberikan situasi belajar yang tanpa beban atau tekanan (kurang bersifat formal).
Manfaat media pembelajaran bagi guru sebagai berikut:
a.       Dapat memberikan pedoman dalam merumuskan tujan pembelajaran;
b.      Dapat memberikan sistematika mengajar;
c.       Dapat membantu kecermatan dan ketelitian dalam penyajian;
d.      Dapat membangkitkan percaya diri dalam mengajar;
e.       Dapat meningkatkan kualitas pengajaran
Menurut Sanjaya (2011) bahwa fungsi dan peran multimedia adalah sebagai berikut : (a) menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu. Peristiwa-peristiwa penting atau objek yang langka dapat diabadikan dengan foto, film atau direkam melalui video atau audio, kemudian peristiwa itu dapat disimpan dan dapat digunakan manakala diperlukan; (b) memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek tertentu. Melalui media pembeljaran guru dapat menyajikan menjadi konkret sehingga mudah dipahami dan dapat menghilangkan verbalisme; (c) menambah gairah dan motivasi belajar peserta didik. Penggunaan media dapat menambah motivasi belajar peserta didik sehingga perhatian peserta didik terhadap materi pembelajaran dapat meningkat; (d) media pembelajaran memiliki nilai praktis.
4.      Peranan dan manfaat Internet dalam meningkatkan kinerja Porfesi
Peranan internet dalam pembelajaran dapat dijabarkan sebagai berikut :
             a.      Perpustakaan Online
Dengan internet siswa dapat mendapatkan berbagai macam informasi mengenai pendidikan .
             b.      Mencari Beasiswa
Dengan internet siswa dapatmencari sekolah-sekolah yang menyediakan beasiswa
             c.      Sarana Komunikasi
Dengan internet murid dan guru dapat bekomunikasi sacara tertulis melalui facebook
             d.      Sarana Pertukaran Data
Dengan internet sorang murid dan guru dapat mengirimdan memnerima materi pelajaran dan tugas melalui email
             e.      Tempat Mencari Materi Pelajaran
Dengan internet seorang guru dapat mencari bahan ajaran untuk murid-muridnya.
              f.      Belajar Online
Dengan internet siswa dapat belajardengan gurunya secara langsung melalui video call.
             g.      Buku Online
Dengan internet siswa dapat mendownload   ( mengunduh ) berbagai macam buku pelajaran.
             h.      Mempermudah Pengiriman Hasail Ujian
Dengan internet, sekolah dapat mengirim hasil ujian nasional yang diadakan di sekolahnya hanya dalam hitungan detik.
i.        Kerjasama Dengan Guru Di Luar Negeri
Dengan internet guru dapat bekerja sama dengan guru-guru diluar negeri mengenai bahan ajar apa yang akan diberikan kepada muridnya

Dampak negatif dari perkembangan internet
Dampak negatif penggunaan internet dapat dijabarkan sebagai berikut: Pertama, Pornografi. Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Kedua, Violence and Gore. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu. Ketiga, penipuan. Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang didapatkan pada penyedia informasi tersebut. Keempat, carding. Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka. Kelima, perjudian. Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

Secara garis besar dampak negatif internet adalah : mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

Manfaat blog bagi saya pribadi:
1.      Memudahkan dalam berbagi informasi
2.      Menambah wawasan
3.      Melatih keterampilan dan kreatifitas menulis
4.      Menumbuhkan minat membaca
5.      Media aktualisasi diri
6.      Media komunikasi dan sosialisasi
7.      Menuangkan ide dan kreasi
8.      Media promosi

DAFTAR PUSTAKA

Catatan Mata Kuliah Teknologi Informasi Dr. Hudiana Hernawan, MS. 

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sisitem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Nasution, Noehi dkk.  2008, Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Nurrifki, Arian. Peranan TIK Dalam kehidupan Manusia. 27 April 2018

Sanferdi, Raka Fradana. Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan. 27 April 2018

Shine, Bling. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan, Pemerintah, dan Ekonomi. https://blingjamong.wordpress.com/2013/11/18/1-1dampak-positif-dan-negatif-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-bidang-pendidikan-pemerintah-dan-ekonomi/
Al Faruq Habibullah. Pengertian Hadware, Software, dan Brainware. 27 April 2018.

Internet, Genggam. Macam Input Device Perangkat Masukan Komputer. 27 April 2018


Yuliani. Jenis-Jenis Alat Output Komputer. 27 April 2018
https://yulianizword.wordpress.com/2012/11/14/jenis-jenis-alat-output-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN JARAK JUAH DENGAN MENGGUNAKAN SKYPE

Keadaan letak geografis bangsa Indonesia yang unik, serta perubahan yang besar dalam pembangunan yang dipengaruhi oleh lingkungan secar...