Cari

Senin, 12 Maret 2018

KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN DI SD

A. PENGERTIAN KOMPUTER
Istilah komputer diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute). Definisi komputer disampaikan oleh Hamacher yang dikutip oleh Wahono (2003), komputer dalah mesin penghitung elektonik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan mneghasilkan output berupa informasi.
Menurut Daryanto (2007) komputer memiliki tiga sifat yaitu bekerja dengan menggunakan tenaga listrik (elektronik), bekerja berdasarkan program, bekerja dalam suatu sistem. Sistem kerja dalam sebuah unit komputer dapat digambarkan sebagai berikut.

Menurut Kurniawan (2012) komputer adalah media elektonik yang dapat menerima informasi dalam bentuk input digital dengan menggunakan kode binner dalam aplikasi programnya, dan menampilkan output informasi dalam benruk visualisasi dan elektonik.
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Penggunaan komputer telah berkembang pesat sejak tahun 1980. Dengan kemampuan yang dimiliki dalam menyimpan dan memanipulasi data, komputer telah digunakan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Pada umumnya sebuah perangkat komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan atau aplikasi, yaitu:
1.      Penegetikan (word processing);
2.      Desain dan pembuatan grafik (graphic design);
3.      Penyimpan data ( data storage)
4.      Pengolah data (data analysis)
5.      Telekoumnikasi melalui jaringan (internet)


1.      Pengetikan
Komputer mempunyai kemampuan mengolah kata yang jelas jauh lebih baik darpada sebuah mesin tik biasa. Hal ini disebabkan komputer memiliki kemampuan dalam merekam hasil ketikan. Rekaman hasil pengetikan ini disebut sebagai file. Dengan menggunakan komputer juga dapat membuka kembali file tersebut untuk berbgai keperluan di lain waktu. Di samping itu file yang kita miliki dapat disunting sesuai dengan kebutuhan, atau diedit kembali untuk memperoleh tampilan tata letak yang lebih baik.
2.      Desain dan Pembuatan Grafik
Komputer dapat digunakan  untuk keperluan presentasi atau penyajian data dan informasi. Pada sekolah dan lembaga pendidikan yang telah maju, komputer telah digunakan sebagai media pembelajaran untuk pengajaran subjek atau materi pembelajaran tertentu. Jenis grafik yang sering digunakan untuk keperluan presentasi data dan informasi yaitu grafik garis, grafik batang, pie chart, flowchart dan diagram.
3.      Penyimpanan Data
Komputer juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data. Data yang telah tersimpan dapat ditampilkan kembali apabila kita perlukan. Data dapat didefinisikan sebagai kumpulan angka-angka yang belum disusun diolah secara sistematis. Proses pengolahan data akan menghasilkan infromasi. Dengan kata lain, informasi adalah data yang telah diolah sesuai keperluan, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh peggunanya.
4.      Pengolahan Data
Komputer mempunyai kapasitas lebih dari sekedar sarana untuk menyimpan data. Data yang telah tersimpan di dalam sebuah komputer dapat diolah atau diproses sesuai dengan keperluan. Data yang telah diolah akan memberi informasi tertentu bagi penggunanya. Komputer digunakan secara intensif untuk keperluan analisis data hasil-hasil penelitian (riset).
5.      Jaringan Informasi
Saat ini penggunaan komputer telah membentuk jaringan atau network, dan juga kumpulan jaringan yang disebut dengan istilah web (WWW). Teknologi jaringan memungkinkan untuk dapat mengirim dan menerima informasi dalam waktu yang bersamaan kepada rekan-rekan yang berada ditempat yang berbeda. Sehingga penggunaannya hampir disegala bidang untuk keperluan dan kebutuhan serta fungsinya masing-masing.
Komputer dalam dalam dunia pendidikan telah digunakan untuk berbagai keperluan, yaitu: (1) untuk mengerjakan tentang komputer, sistem komputer itu sendiri misalnya pada jurusan teknologi informastika, (2) untuk mengerjakan berbagai mata pelajaran (subjek) seperti matematika, bahasa dan fisika. Program komputer yang digunakan untuk mengerjkan subjek tertentu disebut dengan istilah Cumputer Assisted Instruction (CAI), (3) untuk keperluan pengelolaan sekolah, misalnya administrasi keuangan, adminsitrasi siswa dan organisasi

B. KOMPUTER DAN PROFESI GURU



Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anak pun sudah terbiasa dengan alat elektronik ini. Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat mengoperasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam kegiatan kependidikan komputer banyak digunakan untuk menunjang keprofesian, salah satunya adalah profesi sebagai guru. Guru harus mempunyai kompetensi dalam mengoperasikan komputer atau laptop/notebook. Guru harus memiliki kemampuan tersebut agar terus mengimbangi perkembangan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Komputer dapat membantu guru dalam mengajar dalam hal ini sebagai media pembelajaran dan juga sebagai pengerjaan administrasi pembelajaran. Disamping itu bahkan digunakan untuk kegiatan belajar guru secara online.
Sejak tahun 2016 telah bergulir guru pembelajar (GP). Guru sebagai tenaga  profesional  mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam pencapaian visi  kemendikbud  2015-2019.  Oleh  karena  itu, profesi  guru  harus  terus  dikembangkan  sebagai  profesi  yang  bermartabat. Konsekuensi  dari  jabatan  guru sebagai  profesi  diperlukan  sistem  pembinaan dan pengembangan  keprofesian  berkelanjutan guna  mendukung  peran  guru  sebagai guru pembelajar. Guru memiliki tugas, fungsi, dan peran yang penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Supaya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan peran  tersebut,  guru  perlu untuk  meningkatkan  profesionalismenya  secara  berkelanjutan.  Sebagai  langkah mengaktualisasikan  guru  professional,  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan mengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP). Program GP merupakan kegitan yang penting bagi pengembangan diri guru. Karena jumlah guru yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, maka dikembangkan sistem GP secara elektronik dengan  memanfaatkan  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang kemudian disebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan). Dengan penggunaan moda daring  ini, diharapkan semua guru  peserta  dapat secara aktif dalam mengakses sumber  belajar, belajar  secara  individu sesuai  kebutuhan,  dan dapat saling berbagi pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan guru lainnya).

C. KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN DI SD


Komputer dalam kegiatan pendidikan dijadikan sebagai media pembelajaran. Media ada yang tinggal dimanfaatkan oleh guru ada juga media yang diciptakan oleh guru. Salah satu media yang dimanfaatkan guru adalah komputer atau laptop. Selain dimanfaatkan guru, juga dimanfaatkan oleh siswa dalam pembelajaran. Fasilitas yang ada dalam komputer dapat digunakan siswa dalam pembelajaran. Awal dari pembelajaran komputer di SD hanya berupa pengenalan alat koumputer dan bagaimana memanfaatkannya untuk pembelajaran. Namun sekarang telah berkembang menjadi wahan pembelajaran. Di kota-kota besar telah memanfaatkan komputer sebagai wahana pembelajaran. Lain halnya di desa-desa komputer belum termanfaatkan karena sarana dan prasarananya belum memadai. Disamping itu juga bagi warga sekolah yang ada di desa mereka enggan membeli laptop karena berbentur dengan perekonomiannya. Disamping itu juga di sekolah-sekolah yang ada dipedesaan mereka belum memiliki lab komputer. Yang ada hanya komputer atau laptop untuk keperluan pengerjaan adminsitrasi. Namun sebagian guru telah memiliki laptop untuk keperluan pembelajaran dan administrasi guru.
Ternyata suatu hal yang menyenangkan jika sarana prasarana pembelajaran di sekolah dasar sudah memadai. Hal tersbut memudahkan guru dalam mengajar juga memudahkan siswa dalam belajar. Hal yang akan terjadi adalah pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Motivasi siswa belajar akan lebih meningkat. Pemahaman siswapun lebih meningkat.
Menurut Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
1.      Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
2.      Pengulangan : Pengguna komputer oleh guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
3.      Feedback and Reward : Dengan komputer guru dapat memberikan saran atau perbaikan dan tentu saja pujian kepada siswa yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Saran dan pujian ini dapat disampaikan secara online dan seketika sehingga siswa yang lain dapat mengetahui saran, perbaikan dan pujian tersebut yang tentunya juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama dalam pembelajaran

Untuk memudahkan penyampaian pesan pembelajaran kepada siswa, berikut dapat dijadikan acuan berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah (1) pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai jenis font, warna dan ukuran kertas yang bervariasi; (2) pembelajaran dengan menggunakan media presentasi Power Point dapat menarik perhatian siswa dalam menyimak pesan pembelajaran yang disampaikan guru. (3) pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar; (4) pembelajaran dengan memanfaatkan program Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner; (5) pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office; (6) pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan; (7) Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
Beberapa pertimbangan pemanfaatan komputer ke dalam proses pembelajaran ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya: a) penyiapan SDM sebagai user yang akan menggunakan dan mengelola. b) penyiapan fasilitas; sekolah menyiapkan fasilitas yang kondusif agar terjadinya belajar berbasis aneka sumber dengan menyiapkan beberapa fasilitas seperti perpustakaan (cetak dan non-cetak), komputer yang terhubung dengan LAN, koneksi internet, VCD/DVD player plus televisi, serta komposisi ruang kelas. c) penyediaan software pembelajaran; penyediaan software pembelajaran seperti buku, modul, LKS, program audio cassette, VCD/DVD, CD-ROM interaktif, dan lain-lain  dapat dilakukan dengan cara membeli produk yang telah ada di pasar atau memproduksi sendiri. d) penyiapan tenaga teknis; fasilitas komputer yang ada di sekolah hendaknya didukung oleh beberapa tenaga teknis yang memiliki keahlian atau keterampilan dalam mengelola dan memlihara peralatan tersebut.
Hal tersebut diatas merupakan kondisi ideal dimana anggapan semua sekolah telah memiliki fasilitas komputer beserta koneksi internetnya, namun tidak sedikit sekolah dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki sehingga untuk menggunakan media komputer saja tidak bisa.



Daftar Pustaka
Rusman. Kurniawan, Deni. Riyana, Cepi. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Inormasi dan Kounikasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Setiawan, Denny. Dkk. (2008). Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN JARAK JUAH DENGAN MENGGUNAKAN SKYPE

Keadaan letak geografis bangsa Indonesia yang unik, serta perubahan yang besar dalam pembangunan yang dipengaruhi oleh lingkungan secar...